Faktor yang Berhubungan dengan Penanganan Limbah Medis oleh Petugas Kebersihan di RSUD Kota Makassar

Authors

  • Agata Valens Tambing
  • Asrijun Juhanto
  • Apdiyani Toalu

Keywords:

Limbah Medis, Pengetahuan, Sikap, Motivasi, Penanganan Limbah Medis.

Abstract

ABSTRAK

Limbah medis adalah hasil buangan dari suatu aktivitas medis. Dampak dari limbah medis yang tidak dikelola dengan baik terhadap lingkungan antara lain merosotnya mutu lingkungan rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan, sikap dan motivasi petugas   kebersihan dengan penanganan limbah medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Makassar.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional study. Populasi adalah seluruh petugas yang mengelolah limbah medis di RSUD Kota Makassar. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling sebanyak 41 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuisioner. Analisis data adalah analisis univariat dan bivariate dalam bentuk tabel menggunakan program SPSS dengan menggunakan uji chi-square..

Hasil  uji  statistik  bahwa  variabel  pengetahuan  diperoleh  nilai  ?  value =1,000 > nilai ? standar (0,05) dengan interpretasi bahwa tidak ada hubungan pengetahuan dengan penanganan limbah medis, variabel sikap diperoleh nilai ? value = 0,246 > nilai ? standar (0,05) dengan interpretasi bahwa tidak ada hubungan sikap dengan penanganan limbah medis, dan variabel motivasi diperoleh nilai ? value =1,000 > nilai ? standar (0,05) dengan interpretasi bahwa tidak ada hubungan motivasi dengan penanganan limbah medis. Kesimpulannya adalah tidak ada hubungan antara pengetahuan, sikap, motivasi dengan penanganan limbah medis di RSUD Kota Makassar.

Disarankan kepada petugas sanitasi rutin memberikan penyuluhan agar dapat membantu meningkatkan pemahaman mereka, petugas kebersihan diharapkan   menjalankan prosedur pengolahan limbah medis dengan baik tanpa perlu pengawasan pihak petugas dan diharapkan motivasi kerja sangat perlu dalam bekerja agar mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Kata kunci :   Limbah Medis, Pengetahuan, Sikap, Motivasi, Penanganan Limbah Medis.

Published

2021-01-14

How to Cite

Tambing, A. V. ., Juhanto, A. ., & Toalu, A. . (2021). Faktor yang Berhubungan dengan Penanganan Limbah Medis oleh Petugas Kebersihan di RSUD Kota Makassar. JURNAL ILMIAH KESEHATAN, 4(2). Retrieved from https://e-jurnal.stiktamalateamks.ac.id/index.php/JIK/article/view/53